Visi, Misi dan Tujuan Program Studi Doktor Hukum

Program Studi Program Doktor Hukum Sekolah Pascasarjana Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ), mempunyai visi

“Mewujudkan Program Studi Doktor Hukum Berbasis Kearifan Lokal untuk Pembangunan Ekonomi dan Sosial Berwawasan Global Tahun 2034”.

Visi tersebut dijabarkan dalam beberapa Misi sebagai berikut.

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan pengajaran Disiplin Ilmu Hukum berbasis nilai-nilai heteregonitas keindonesiaan melalui sistem pendidikan hukum untuk pembangunan ekonomi nasional.
  2. Mengembangkan penelitian dan meningkatkan kuantitas serta kualitas penelitian berbasis nilai-nilai keindonesiaan untuk kemanfaatan pembangunan Hukum Ekonomi Pembangunan dan Hukum Ekonomi Sosial melalui pendekatan partisipatoris yang berketertiban, berketeraturan, beradab dan berkeadilan untuk merespon kebutuhan masyarakat.
  3. Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat melalui peran program Doktor Hukum dalam konteks membangun kesadaran hukum dan kepatuhan hukum masyarakat berbasis pendekatan nilai-nilai progresivitas hukum dan nilai-nilai spritual – pluralistik hukum.
  4. Mengembangkan sikap positif profesi hukum terhadap dinamika perubahan sosial masyarakat. 

Berdasarkan Visi dan Misi di atas, tujuan Program Doktor Hukum Pascasarjana UGJ adalah.

  1. Menghasilkan luluskan Doktor Hukum yang profesional dalam pengembangan pembangunan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat.
  2. Menghasilkan penelitian yang unggul dalam pengembangan Hukum Ekonomi Pembangunan dan Hukum Ekonomi Sosial.
  3. Menghasilkan kontribusi pengabdian masyarakat melalui program Doktor Hukum kepada masyarakat guna membangun kesadaran hukum serta kepatuhan hukum yang dapat mengubah pola pikir, pola sikap dan pola perilaku dalam konteks perubahan sosial.
  4. Menghasilkan Doktor Hukum bersikap profesional dalam pengembangan keilmuan Ilmu Hukum yang berkeadilan untuk pembangunan ekonomi masyarakat. 

SK IZIN PEMBUKAAN PROGRAM DOKTOR HUKUM No: 857/E/O/2023