Kuliah Umum Prof. Dr. H. Soleh Suryadi, M.Si

Program Studi Ilmu Administrasi Sekolah Pascasarjana UGJ Cirebon telah melaksanakan kegiatan kuliah umum dengan tema Ilmu Administrasi Kontemporer (Perkembang Wilayah Kajian) yang dipaparkan oleh Prof. Dr. H. Soleh Suryadi, M.Si Guru Besar Administrasi Publik Universitas Pasundan pada tanggal 23 Januari 2021. Kuliah umum dibuka oleh Prof. Dr. Hj. Ida Rosnidah, SE.,MM.,Ak.,CA selaku Direktur Sekolah Pascasarjana UGJ Cirebon. Prof. Dr. Hj. Ida Rosnidah, SE.,MM.,Ak.,CA mengatakan bahwa new public static masyarakat merupakan sebagai subjek orientasi di masa depan sangat penting untuk dibahas. Kemudian moderator dalam kegiatan ini adalah Dr. Moh. Taufik Hidayat,Drs.,M.Si selaku Ketua Program Studi Ilmu Administrasi. Kuliah umum ini merupakan kegiatan rutin yang diselanggarakan oleh Prodi Ilmu Administrasi sebagai pemutahiran mahasiswa akan ilmu administrasi yang telah diperoleh.

Dalam pemaparannya Prof. Dr. H. Soleh Suryadi, M.Si mengungkapkan administrasi menjadi administrasi negara dan administrasi publik. Perbedaan administrasi tersebut dapat dilihat dari substansinya, yaitu :

Substansi administrasi negara :

  1. Sektor Negara dan birokrasi pemerintahannya
  2. Menunjukan power yg dimiliki, penguasaan sumber dll, mengatur masyarakat. 
  3. Menunjukan kedaulatan suatu negara.
  4. Memiliki struktur organisasi yg lengkap dan kuat.
  5. Menguasai dan lebih dominan dari masyarakat

Substansi administrasi publik :

  1. Sektor Negara dan birokrasi pemerintahannya.
  2. Birokrasi lebih berorientasi pada pelayanan publik. 
  3. Birokrasi yg lebih mengembangkan partnership. masyarakat/ community’.
  4. Struktur organisasi yang lengkap dan kuat sngat penting.
  5. Peran Pemerintah dan masyarakat, memiliki posisi yang sama pentingnya 22/01/2021.

Kemudian perkembangan masyarakat, setiap saat mengalami perubah sesuai tuntutan dan perubahan baik disebabkan oleh pengaruh internal maupun external. Segala yag terjadi dalam masyarakat, menuntut peran pemerintah/administrasi negara hadir dan menanganinya. Bentuk hadirnya negara, secara administratif salah satunya adalah dalam bentuk penentuan kebijakan yang relevan. Konsekuensinya dipastikan tidak akan dapat secara langsung administrasi negara dapat mnjangkau sejumlah keperluan yg dikehendaki masyarakat sehingga dalam pemaparannya Prof. Dr. H. Soleh Suryadi, M.Si mengatakan administrasi kontemporer merupakan administrasi yang lebih fleksibel dalam perkembangan masyarakat.

Unduh : Materi Kuliah Umum