Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley untuk Mengelola Referensi

Publikasi merupakan hal yang penting dari sebuah penelitian atau pengabdian yang sudah dilakukan oleh dosen. Publikasi jurnal sendiri memiliki nilai tersendiri dalam ranah peningkatan kualitas mutu dosen. Di dalam suatu karya ilmiah berupa jurnal imiah terdapat kolom tersendiri mengenai referensi. Semakin terbarunya suatu referensi semakin menunjukkan jika karya ilmiah tersebut mengikuti perkembangan zaman dan hal tersebut juga membuktikan bahwa penelitian dan pengabdian yang telah dilakukan dosen terbarukan.

Hal palemik yang dihadapi dosen saat ini adalah mempublikasikan karya ilmiah tersebut di jurnal-jurnal beriputasi yang mempunyai aturan ketat dalam hal isi dan penulisan karya ilmiahnya. Salah satu yang diperhatikan oleh editor jurnal sebelum dilakukan proses reviewer, karya ilmiah yang sudah disubmite harus dicek penulisan dan pembaharuan referinsinya. Kesulitan berikutnya adalah tentang penyusunan referensi dikolom daftar pustaka yang menyita waktu pada saat menyusunya.

Mendelay merupakan salah satu aplikasi gratis yang sering digunakan untuk penyusunan referensi agar lebih mudah dan cepat. Selain itu dengan mendelay merupakan media sosial di bidang akademik yang memungkikan kita mengelola riset, berkolaborasi dengan peneliti lain dan juga dapat mengetahui perkembangan riset saat ini.

Dalam rangka menfasilitasi dosen-dosen di lingkungan Sekolah Pascasarjana UGJ dalam belajar manajemen refensi, Sekolah Pascasarjana menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley yang dilaksanakan melali aplikasi meeting video online (Zoom Meeting) pada Hari Selasa tanggal 2 Februari 2021.

(Gambar 1. Peserta Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendelay)

Agi Syarif Hidayat, SE.MM (Editor JIBM UGJ) selaku narasumber menjelaskan referensi tidak dapat dilepas dari karya ilmiah. Kemudian sitasi menjadi sangat penting dalam penulisan sebuah karya ilmiah. Hal itu sesuai dengan yang ungkapkan oleh Prof. Dr. Hj. Ida Rosnidah, SE.MM.,Ak.,CA selaku Direktur Sekolah Pascasarjana bahwa seringkali penulis pemula akan terjebak dengan tindakan yang salah karena kurang berhati-hati dalam sebuah sitasi. Sudah banyak kasus yang menyebabkan kerugian bagi penulis dan lembaga dikarenakan kesalahan sitasi atau terjebak dalam outoplagiat yaitu plagiat yang dilakukan oleh penulis itu sendiri. Mendeley merupakan salah satu aplikasi pengelolaan referensi ilmiah Open Source yang dapat digunakan secara bebas oleh dosen, peneliti, dan mahasiswa untuk mengelola dokumen ilmiah dan referensi ilmiah.

   

(Gambar 2. Moderator, Pembawa Acara dan Narasumber Pelatihan Mendelay)

Dalam pelatihan ini, dosen-dosen diberikan bimbingan secara intensi mulai dari proses pendaftaran akun, intalasi Mendelay, pengelolaan referensi ilmia, hingga sitasi dan bibliografi menggunakan Mendelay. Selanjutnya ada materi tambahan mengenai referensi ebook dan tentang jurnal yang berbayar.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas dan desiminasi penelitian dari dosen-dosen di Sekolah Pascasarjana UGJ. Selain itu, dengan adanya akun Mendeley, menjadi peluang dosen di Sekoah Pascasarjana UGJ dapat lebih eksis pada kancah akademis, khususnya di dunia maya yang tentunya akan memberikan dampak positif bagi mereka dan juga bagi Universitas Swadaya Gunung Jati.

 

Materi pelatihan dapat di download disini.