Stadium General dengan Tema : An Insight on Non-empirical Writing

Cirebon – Stadium General merupakan kuliah umum yang diselenggarakan setiap semester oleh Program Studi Ilmu Administrasi Sekolah Pascasarjana UGJ. Pada hari Sabtu tanggal 10 April 2021 telah dilaksanakan stadium general dengan tema “An Insight on Non-empirical Writing” yaitu memperlajari dan memahami penulisan non empirik melalui Zoom Meeting (Online). Pemateri adalah Assoc. Prof. RAZANA JUHAIDA JOHARI, C.A. (M) yang berasal dari Universitas Teknologi Mara Shah Alam, Malaysia. Beliau adalah Visiting Profesor di Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Swadaya Gunung Jati. Beliau juga adalah editorial board di jurnal International Business Research (IBR), Canadian Centre of Science & Education, Jurnal of Public Affairs, Wiley Online Library, Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis (JAKB), Politeknik Caltex Riau, dan anggota lembaga dari World Business Institute (WBI) Australia. Beliau penulis di jurnal-jurnal SCOPUS, ESCI, ERA dan pengindeks jurnal internasional lainnya.

Gambar 1. Peserta Stadium General dengan Tema :  An Insight on Non-empirical Writing

Peserta dalam stadium general ini adalah seluruh mahasiswa Magister Ilmu Administrasi dan dosen – dosen di lingkungan Sekolah Pascasarjana UGJ. Dalam pemaparannya Assoc. Prof. RAZANA JUHAIDA JOHARI, C.A. (M) mengungkapkan penelitian dapat bermanfaat jika artikel tersebut dapat dipublikasikan dan dapat dibaca oleh semua orang. Kemudian kebaruan artikel dapat dijadikan sebagai daya tarik dalam kebaruan dan temuan penelitian ilmiah yang sangat menentukan keberhasilan publikasi artikel ilmiah dijurnal-jurnal internasional beriputasi. Jurnal yang bereputasi dan berkualitas adalah jurnal yang masuk kedalam pengindeks bereputasi seperti web of science clarivate analitic dan SCOPUS.

Kemudian Assoc. Prof. RAZANA JUHAIDA JOHARI, C.A. (M) juga menjelaskan tentang pentingnya mempersiapkan dan merencanakan kegiatan publikasi artikel dengan baik. Secara teknis penulis harus mempersiapkan artikel agar memenuhi kriteria-kriteria seperti template yang sesuai dengan jurnal yang akan dituju. Penulis disarankan agar melakukan sitasi terhadap artikel yang bereputasi pada artikelnya. Pada bagian kajian literatur, penulis menjelaskan model-model teori yang baru. Pada aspek metodologi penelitian, sebaiknya penulis menggunakan metodologi penelitian yang benar tepat dan memenuhi kaidah, prosedur dan prinsip penelitian yang benar. Pada penyaijain data, penulis diharapkan mampu menyajikan hasil, pembahasan dan simpulan dengan baik. Pada bagian ini harus menguraikan dengan baik tentang temuan penelitian agar menjadi daya tarik bagi pembaca.

Gambar 2. Pemaparan Materi Oleh Assoc. Prof. RAZANA JUHAIDA JOHARI, C.A. (M)

Sementara itu, para peserta dari dosen dan mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Sekolah Pascasarjana UGJ merasa bangga bisa mengikuti stadium general dengan tema An Insight on Non-empirical Writing ini. Kegiatan ini memberikan motivasi, wawasan bagi dosen dan mahasiswa di Program Studi Ilmu Administrasi Sekolah Pascasarjana UGJ. Melalui kegiatan tersebut, dosen dan mahasiswa berharap bisa menulis artikel ilmiah dengan baik. Pemateri sangat mengapresiasi pertanyaan dari peserta mahasiswa Program Studi Program Studi Ilmu Administrasi Sekolah Pascasarjana UGJ. Semoga apa yang diikuti dalam kegiatan stadium general ini bermanfaat bagi semua pihak yang tertarik dan menekuni dalam publikasi ilmiah.