Matrikulasi Mahasiswa Baru Sekolah Pascasarjana UGJ Tahun Akademik 2021/2022

Rektor Universitas Swadaya Gunung Jati, Prof. Dr. H. Mukarto Siswoyo, Drs., M.Si membuka kegiatan mahasiswa baru Tahun Akademik 2021/2022 tingkat magister hari ini (09/10/2021) secara luring. Selain membuka Pak Rektor juga memberikan materi matrikulasi tentang pengenalan Universitas Swadaya Gunung Jati. Dalam sambutannya, Prof. Dr. H. Mukarto Siswoyo, Drs., M.Si mengajak semua mahasiswa baru untuk tidak hanya sekadar menjadi mahasiswa yang baik dan berperan di tingkat nasional, namun harus mengenal dunia internasional. Menurut Guru Besar Administrasi Negara ini, mahasiswa magister harus mengikuti Program Shear learning ke negara - negara lain.

Direktur Sekolah Pascasarjana UGJ, Prof. Dr. Hj. Ida Rosnidah, SE., MM., Ak., CA dalam materinya menyampaikan bahwa Sekolah Pascasarjana sesuai dengan Visi nya akan berperam dan unggul baik secara nasional dan internasional. Ibu Direktur juga sangat mendukung kegiatan Shear learning sebagai kegiatan wajib yang akan dilaksanakan oleh Sekolah Pascasarjana UGJ apabila pandemi ini sudah berakhir dan sudah terbuka bebas untuk melakukan kegiatan ke luar negeri. Sebagai informasi tambahan juga Sekolah Pascasarjana UGJ sudah melakukan kerjasama baik dengan pemerintah daerah maupun pusat, kemudian baik dengan universitas dalam dan luar negeri. Sebagai informasi, tahun ini Sekolah Pascasarjana UGJ berhasil menerima sejumlah mahasiswa baru pada Tahun Akademik 2021/2022 sebanyak 130 mahasiswa yang tersebar di empat prodi yang ada di lingkungan Sekolah Pascasarjana UGJ dengan proses pendaftaran, tes TPA, tes wawancara hingga pembukaan matrikulasinya dilakukan secara luring. Ini merupakan pencapaian yang sangat baik, karena di tengah masa pandemi Covid-19, Sekolah Pascasarjana UGJ dengan sangat tanggap dan proaktif melakukan berbagai sosialisasi program studi guna menarik minat pendaftar.

Pada hari pertama matrikulasi juga disampaikan materi tentang LMS UGJ Pintar yang disampaikan oleh Dr. Otto Fajarianto, S.Kom., M.Kom. LMS UGJ Pintar merupakan sistem pembelajaran secara daring di lingkungan UGJ. LMS UGJ Pintar atau Learning Management Sistem merupakan sistem daring yang sudah terintegrasi dengan sistem pembelajaran Kemendikbud dan sistem ini juga sudah mendukung kegiatan Kemendikbud dalam Kampus Meredeka Belajar. LMS UGJ Pintar juga mudah untuk dioperasikan oleh Mahasiswa dan Dosen di lingkungan UGJ, dengan adanya LMS UGJ Pintar menunjukkan bahwa UGJ siap dalam hal teknologi pembelajaran secara daring.

Kagiatan matrikulasi ini kemudian dilanjutkan setelah jam istirahat dan seluruh mahasiswa baru menuju ke gedung Sekolah Pascasarjana UGJ dan materi matrikulasi dilanjutkan dengan materi keprodian masing-masing. Kegiatan matrikulasi ini dilaksanakan pada tanggal 9,10 dan 15,16 Oktober 2021 sebagai salah satu kegiatan pengenalan mahasiswa baru terhadap Sekolah Pascasarjana UGJ dan juga sebagai pengenalan terhadap jurusan yang mereka ambil.