MENU PERTANIAN

Visi, Misi dan Tujuan
Prestasi Mahasiswa
Jumlah Mahasiswa
Jumlah Dosen
Paten/HAKI
Visiting Profesor
Kegiatan Ahli Pakar
Kegiatan Dosen
Penelitian Dosen
Pengabdian Dosen
Kurikulum

Selamat berkunjung dan segera dapatkan informasi yang anda butuhkan, kami sangat senang sekali jika anda juga menghubungi kami.

KEPALA PROGRAM STUDI

 Dr. Dwi Purnomo, ST.P.,M.Si

Program Studi Agronomi/Ilmu Tanaman (Magister Ilmu Pertanian/ M.P)

Program studi Agronomi pada awalnya bernama program studi Ilmu Tanaman dengan bidang kajian utama Teknologi Pascapanen, selanjutnya sesuai dengan aturan Dikti berubah menjadi Program Studi Agronomi .

Kompetensi Lulusan Program Studi Agronomi adalah sebagai berikut:

Kompetensi utama yang dimiliki lulusan Program Studi Magister Agronomi PPs Unswagati, menunjukan penguasaan yang komperhensif dalam:

  1. Pencapaian lulusan yang berkualitas secara akademik, bermoral, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memiliki kompetensi;
  2. Pemahaman teori dan konsep budidaya tanaman dan mampu menerapkannya di daerah sekitar;
  3. Menganalisis masalah-masalah budidaya tanaman di daerah sekitar;
  4. Penelitian terhadap tanaman berdasarkan deskripsi tanaman dan memahami faktor lingkungan fisik di daerah sekitar, sehingga dapat menyelaraskan komoditas tanaman terhadap lingkungan serta mampu mencarikan tanaman yang sesuai dengan keadaan daerah sekitar.

Kompetensi pendukung lulusan Program Studi Magister Agronomi PPs Unswagati adalah para mahasiswa diharapkan dapat mengambil manfaat dan mengembangkan kemampuan dan keahlian praktis sebagai berikut:

  1. Dapat secara efektif menggunakan referensi keilmuan budidaya tanaman dari berbagai sumber dan metodelogi lainnya.
  2. Dapat merencanakan dan melaksanakan penelitian, menghasilkan karya tulis, ringkasan, memeriksa dan mengevaluasi referensi.
  3. Dapat mengerjakan prosedur untuk pencarian informasi melalui internet.
  4. Dapat mengemukakan pemikirannya baik secara lisan maupun tulisan.
  5. Dapat menerjemahkan referensi Bahasa Asing.

Kompetensi lainnya lulusan Program Studi Magister Agronomi PPs Unswagati adalah:

  1. Memiliki keterampilan dalam mengidentifikasi masalah dalam bidang pertanian dan terampil dalam pemecahannya secara ilmiah.
  2. Memiliki keinginan kuat untuk menemukan/mengembangkan teori/teknologi baru yang berkaitan dengan permasalahan yang ada dalam bidang pertanian

SKS yang harus ditempuh untuk mencapai gelar Magister Pertanian (M.P.) 42 SKS yang ditempuh dalam 4 semester atau 2 tahun.