MENU ILMU ADMINISTRASI
Visi, Misi dan Tujuan
Prestasi Mahasiswa
Jumlah Mahasiswa
Jumlah Dosen
Paten/HAKI
Visiting Profesor
Kegiatan Ahli Pakar
Kegiatan Dosen
Kurikulum
Jurnal Reformasi

KETUA PROGRAM STUDI

Dr. Moh. Taufik Hidayat, Drs.,M.Si

Program Studi Ilmu Administrasi (Magister Sain/ M.Si.)

Selamat berkunjung dan segera dapatkan informasi yang anda butuhkan, kami sangat senang sekali jika anda juga menghubungi kami. Program studi Ilmu Administrasi dengan Bidang Kajian Utama Administrasi Publik adalah program studi memiliki visi menjadi program studi yang unggul dalam bidang Ilmu Administrasi Publik dengan menjunjung tinggi nilai-nilai etika, moral, dan agama.

A. Dasar Perumusan Kompetensi Lulusan Prodi MIA Pascasarjana Unswagati Cirebon
Perumusan kompetensi lulusan pada prodi MIA Pascasarjana Unswagati Cirebon dilaksanakan berdasarkan acuan sebagai berikut:
1. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
2. Permenristedikti Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
3. Permenristedikti Nomor 50 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menristek DIKTI tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
4. Masukan dan Rekomendasi dari Organisasi IAPA

Profill lulusan
Profil lulusan Prodi MIA Pascasarjana Unswagati Cirebon diantaranya:
1. Administrator Publik
2. Manajer Riset Bidang Administrasi Publik
3. Konsultan Kebijakan Publik

Kompetensi Utama
Kompetensi utama yang diharapkan dari para lulusan Prodi MIA Pascasarjana Unswagati Cirebon meliputi :

  1. Penguasaan paradigma keilmuan Administrasi Publik, pembentukan kemampuan meneliti bidang administrasi publik, penguasaan hakekat keilmuan administrasi publik, dan penguasaan sarana berpikir yang mengarah pada pemahaman tentang prosedur keilmuan dalam memproses pengetahuan ilmiah melalui kegiatan penelitian dalam bidang administrasi publik yang menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademik sebagai landasan moral, sehingga diharapkan lulusan dari Program Studi Magister Ilmu Administrasi Pascasarjana Unswagati:
  2. Menghasilkan Lulusan Magister Ilmu Administrasi Negara yang mempunyai kemampuan berfikir kreatif dan kritis serta mampu memecahkan masalah yang timbul di bidang kebijakan publik, manajamen pelayanan publik, administrasi pemerintahan daerah, administrasi keuangan daerah, dan perencanaan pembangunan daerah.
  3. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan untuk meningkatkan pelayanan profesi dengan jalan melakukan penelitian dan pengembangan ilmunya yang telah diperolehnya.
  4. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan untuk berpartisipasi dalam pengembangan ilmunya melalui pendidikan dan pengajaran.
  5. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan untuk mengembangkan penampilan dan kinerja profesionalnya dalam spektrum yang lebih luas dalam mengkaitkan bidang ilmu atau profesi yang serupa.
  6. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan untuk merumuskan pendekatan penyelesaian masalah yang dihadapi masyarakat dengan cara penalaran ilmiah.

Kompetensi Pendukung
Kompetensi Pendukung yang bersifat khusus, sesuai dengan kompetensi utama yang telah diterangkan di atas. Kompetensi pendukung mencakup (1) kemampuan untuk mengembangkan lebih luas kerangka konseptual, teori, perangkat analisis dan pendekatan praktis dalam administrasi publik serta (2) kemampuan mengembangkan diagnoisis terhadap isuisu administrasi publik yang berkembang dan kemampuan mengembangkan alternatif rekomendasi kebijakan, sehingga diharapkan lulusan dari Prodi MIA Pascasarjana Unswagati :

  1. Memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja organisasi publik dalam rangka mendukung terwujudnya responsivitas, responsibilitas, dan kuntabilitas, efektivitas, dan efisiensi
    organisasi.
  2. Mempunyai kemampuan dalam mencari alternatif terbaik untuk menghasilkan suatu analisis yang akurat sebelum mengambil keputusan dalam berbagai aspek yang timbul dalam praktek
    administrasi publik.
  3. Memiliki kemampuan untuk menerapkan teknik analisis kebijakan untuk meningkatkan kinerja organisasi publik yang inovatif dan strategis.
  4. Memiliki kemampuan mendesain organisasi publik yang adaptif dalam merespon perubahan-perubahan internal dan eksternal organisasi dan perubahan tuntutan masyarakat.
  5. Memiliki kemampuan untuk mendesain pengembangan sumber daya manusia sektor publik untuk mendukung pengembangan dan kinerja organisasi publik.

Kompetensi Lainnya:

  1. Kemampuan lulusan untuk memahami konsep, mampu beradaptasi dengan lingkungan organisasi pemerintah, swasta dan masyarakat.
  2. Memahami serta mandalami konsep dan istilah-istilah umum maupun khusus yang digunakan dalam bidang kebijakan publik, manajamen pelayanan publik, administrasi pemerintahan daerah, administrasi keuangan daerah, dan perencanaan pembangunan daerah.

SKS yang harus ditempuh untuk mencapai gelar Magister Sain (M.Si.) pada program ini adalah 45 SKS yang ditempuh dalam 4 semester atau 2 tahun.