Aset dan Fasilitas

Aset dan Fasilitas

Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) sebagai Perguruan Tinggi tertua di Kota Cirebon memiliki 4 kampus yaitu : (1) Kampus Utama terletak di Jalan Pemuda No.32 Kota Cirebon, (2) Kampus II terletak di Jalan Perjuangan No.01 Kota Cirebon, (3) Kampus III terletak di Jalan Terusan Pemuda No. 01 Kota Cirebon dan (4) Kampus IV adalah gedung Fakultas Kedokteran yang terletak di Jalan Taman Pemuda No. 2 Kota Cirebon.

Sesuai dengan visinya, Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) menambah fasilitas, sampai dengan saat ini telah memiliki lebih dari 128 ruang kelas disertai dengan berbagai fasilitas pendukungnya seperti gedung:

Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Program Pascasarjana, Lembaga Penelitian, Lembaga Pengabdian pada Masyarakat, Lembaga Inovasi dan Pengembangan, Badan Pengembangan Akademik, Badan Pengembangan Usaha, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Micro Teaching, Laboratorium Komputer, Laboratorium Kimia & Fisika, Laboratorium Tanah, Laboratorium Teknik Sipil, Kebun Percobaan, Perpustakaan, Pusat Kegiatan Mahasiswa, Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum, Poliklinik, Studio Foto, Studio Radio FM, Sarana Olahraga, Aula, Masjid Nurul Ilmi, Masjid Rhaudatul Ilmi, Klinik Fakultas Kedoteran dll.

Di sisi lain, UGJ sedang mengembangan sistem informasi yang berkesinambungan yang menunjang peningkatan kualitas kegiatan akademik dan layanan kepada mahasiswa berupa pembangunan infrastruktur:

  • Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

TIK yang meliputi penyediaan server jaringan, penambahan kapasitas bandwidth dari  15 Mbps menjadi 70 Mbps dengan backup 40 Mbps untuk jaringan internet, pemasangan jaringan fiber optic ke 4 gedung kampus.

2) HotSpotArea

Teknologi internet tanpa kabel merupakan salah satu teknologi yang berkembang sangat pesat dewasa ini, demikian pula halnya Unswagati menyediakan sistem layanan jaringan komputer nirkabel (wireless).  Layanan ini dapat diakses pada hot spot coverage area di beberapa gedung dan sekitar kampus UGJ.  Tujuan utama pelayanan ini adalah memberikan kemudahan bagi sivitas akademika Unswagati dalam mengakses internet sehingga dapat dijangkau kapan saja dan di mana saja secara mudah di sekitar lingkungan kampus UGJ.

3) Sistem Informasi Manajemen Akademik (SIMAK)

Sistem Informasi Manajemen Akademik merupakan sistem informasi yang diperuntukkan bagi mahasiswa agar lebih mudah melihat dan atau mengakses data melalui teknologi internet yang berkaitan dengan uang kuliah, jadwal kuliah, jadwal ujian, dan nilai ujian.

4) AKA

AKA merupakan sistem informasi yang diperuntukkan bagi keuangan agar lebih mudah melihat dan atau mengakses data melalui teknologi internet yang berkaitan dengan uang kuliah mahasiswa dan pengeluaran setiap unit kerja di UGJ.

5) Perpustakaan

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas lulusan adalah dengan menambah dan terus menambah koleksi buku-buku perpustakaan baik perpustakaan yang ada di tingkat fakultas maupun yang ada di universitas. Sampai dengan saat ini jumlah koleksi buku perpustakaan yang dimiliki oleh perpustakaan universitas adalah lebih dari 5330 judul, 8562 eksamplar. Disamping perpustakaan universitas, di setiap fakultaspun mempunyai perpustakaan. Fakultas Hukum mempunyai koleksi buku 436 judul, 1627 eksamplar, Fakultas Ekonomi mempunyai koleksi buku 1281 judul, 1281 eksamplar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mempunyai koleksi buku 1755 judul, 1755 eksamplar, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mempunyai koleksi buku 357 judul, 819 eksamplar, Fakultas Pertanian mempunyai koleksi buku 510 judul, 886 eksamplar, Fakultas Teknik mempunyai koleksi buku 435 judul, 625 eksamplar,  Program Pascasarjana mempunyai koleksi buku 750 judul, 750 eksamplar.

SARANA DAN PRASARANA PASCASARJANA UGJ

Dokumentasi Sarana dan Prasarana Pascasarjana UGJ Cirebon

Gambar 1. Gedung Pascasarjana Unswagati Cirebon

 

Gambar 2. Ruang Direktur Pascasarjana UGJ Cirebon

 

Gambar 3. Ruang Perpustakaan

Gambar 4. Ruang Dosen

Gambar 5. Ruang Kelas

Gambar 6. Ruang Pimpinan Prodi dan Sekretaris Prodi

Gambar 7. Ruang Sidang Tesis

Gambar 8. Ruang Kerja Mahasiswa